Review Typed for Mac: App Untuk Menulis, Sederhana dan Manis


Typed For Mac

Typed For Mac

Beberapa bulan ini, untuk melakukan kegiatan menulis saya, saya berkutat dengan sebuah app baru karya RealMac Software (Clear, RapidWeaver, Hatch, Ember) yang berjudul Typed.

Typed adalah sebuah aplikasi pengolah kata berbasis Zen, dengan format markdown sebagai format utama dalam proses penulisannya — baca di tautan ini apabila kamu belum tahu apa itu markdown. Ya, Typed memiliki fungsi dan tampilan yang serupa dengan Byword dan iA Writer, namun ia punya Zen Mode sebagai senjata utamanya dalam bersaing.

Tampilan Default Typed

Tampilan Default Typed

Dan setelah beberapa bulan, ketiga poin ini akan merepresentasikan kesan dan pengalaman saya setelah menggunakan Typed:

  1. Zen Mode adalah fitur favorit saya
  2. Saya berharap bisa menentukan ukuran font
  3. Masih banyak bug

Dan untuk lebih lengkapnya, kamu bisa ikuti di bawah ini.

Zen Mode

Zen Mode

Zen Mode

Saya rasa Zen Mode adalah alasan terbesar kenapa kamu harus membeli app ini seharga 300 ribu rupiah lebih. Pasalnya, fitur ini mampu membuat tingkat fokus kamu bertambah ke level yang lebih tinggi lagi ketika menulis.

Zen Mode adalah fitur efek suara yang tersedia di dalam Typed, dan hadir dengan mode suasana yang berbeda-beda. Terhitung ada 8 suasana yang bisa kamu dengarkan efek suaranya ketika menulis dengan Typed, seperti pegunungan, hujan, badai, laut, alam dan lain-lain.

Fitur ini tersedia di dalam menu preferences Typed dan kamu hanya perlu menekan tombol Cmd + , untuk mengaksesnya. Tidak hanya Zen Mode, di dalam menu ini juga tersedia fitur untuk mengaktifkan/menon-aktifkan suara pada Zen Mode, fitur tampilan quotes ketika window Typed kamu kosong tanpa tulisan, serta mode pengaturan window transparan.

Saran saya, gunakan headset ketika memanfaatkan fitur Zen Mode ya.

Tampilan Sederhana, Semoga Font Tidak Terlalu Besar

Tampilan Font Terlampau Besar

Tampilan Font Terlampau Besar

RealMac Software menggadang-gadang dalam situsnya bahwa salah satu kelebihan Typed adalah tampilannya yang sederhana. Dan memang benar, tampilan Typed sangat sederhana, membuat fokus dalam proses menulis bertambah — di tambah fitur Zen Mode.

Pada tampilan depan (default), kamu hanya akan di hadapkan pada sebuah kertas transparan dengan quotes khas aplikasi RealMac Software pada bagian tengah. Tapi apabila kamu tidak suka dengan tampilan tersebut, kamu bisa mengakses preferences (cmd + ,) untuk melakukan sedikit kostumisasi.

Kostumisasi lainnya tersedia di area lain di luar preferences. Dengan mengarahkan kursor ke kiri layar, kamu akan menemukan sebuah pop up menu yang pada salah satu opsinya terdapat menu Font. Font memungkinkan kamu mengubah warna tampilan Typed, mengubah jenis font, serta toggle fitur Responsive Layout. Selain itu, ada pula pilihan untuk melakukan Preview hasil tulisan kamu ke dalam format RTF (Rich Text Format) dan Share untuk memindahkan tulisan kamu ini ke aplikasi lainnya di Mac kamu.

Opsi Lain Untuk Melakukan Kostumisasi

Opsi Lain Untuk Melakukan Kostumisasi

Namun ada satu hal yang saya sayangkan dari pada tampilan Typed, yakni tidak tersedianya fitur menentukan ukuran tulisan yang kita gunakan. Hal ini saya keluhkan karena saya merasa ukuran font default pada Typed masih terlampau besar dan membuat mata jadi kurang nyaman ketika menulis. Terlebih lagi ketika kamu menggunakan font berjudul Typed Pro — mengatasi hal ini saya mengubah jenis font saya menjadi Avenir.

Saya bukan orang yang rewel soal tampilan antarmuka, tapi apabila saya merasa tidak nyaman dengan sebuah tampilan, saya tidak bisa diam saja. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama dengan saya? Baca 1 poin lagi di bawah ini dan utarakan pendapatmu di kolom komentar.

Masih Banyak Bug Yang Memusingkan

Bug adalah kata yang sangat menyebalkan, khususnya bagi kamu yang berkutat dalam proses pengerjaan aplikasi, web, atau lainnya yang berkaitan. Benarkan?

Typed masih memiliki sejumlah bug yang membuat pengalaman pengguna saya terusik. Sebut saja, beberapa kali saya mengalami crash program ketika menulis dengan Typed. Beberapa kali juga saya mengalami bug pada sektor tampilan aplikasi seperti jejak kursor yang tertinggal di layar ketika mengetik serta window aplikasi yang bergetar.

Bug-bug ini saya rasa membuat harga 300 ribu yang dibanderol RealMac Software untuk aplikasi ini terasa mahal. Tapi saya bersyukur masih ada Zen Mode yang membuat saya terus kembali menggunakan aplikasi ini.

AppleGlass Review Meter

AppleGlass Review Meter

AppleGlass Review Meter

Saya memberikan nilai 7 dari total 10 untuk Typed.

Ukuran font yang terlampau besar serta berbagai bug yang masih berkeliaran di aplikasi ini membuat saya agak berat memberikan nilai lebih bagi aplikasi ini. Mungkin nilai ini akan bertambah apabila RealMac Software membenahi Typed nantinya. Semoga saja.

Anyway, Typed tersedia dengan harga Rp 328.000,- di situs RealMac Software. Akses tautan di bawah ini untuk membelinya.

3 pemikiran pada “Review Typed for Mac: App Untuk Menulis, Sederhana dan Manis

  1. Ping balik: Ini Dia Bentuk MacBook Air 12 Inci Terbaru | AppleGlass

  2. Ping balik: AppleGlass

  3. Ping balik: AppleGlass | 3 Cara Mudah Hapus Aplikasi iPhone dan iPad

Tinggalkan Balasan

