Apple Tidak Akan Merilis iOS 9 Tahun Depan?


IMG_1801-1.JPG

Apple telah melempar versi iOS 8 berikutnya untuk orang-orang terpilih. Menariknya, versi iOS masa depan ini berhasil memicu prediksi khalayak luas terhadap gaya peluncuran iOS Apple nantinya.

Situs 9to5mac.com melaporkan bahwa beberapa pembaca di situs mereka sudah menggunakan versi iOS 8 terbaru tersebut yakni 8.1, 8.2 dan 8.3. Sama halnya dengan MacRumors.com dalam publikasinya di tautan ini.

Memang tidak ada yang aneh dengan hal tersebut. Uji coba sistem operasi baru oleh Apple pasca rilis besar sebelumnya adalah hal yang biasa mereka lakukan. Namun kali ini, yang tidak biasa adalah bukan iOS 9 yang diuji, melainkan iOS 8.1, 8.2 dan 8.3.

Setiap versi major iOS — iOS 5, 6, 7 dan 8 — mengandung serangkaian perubahan dan penambahan fitur yang cukup banyak dan biasanya, Apple melakukan penambahan fitur dengan merilis iOS berembel-embel xx.1 di belakangnya — iOS 5.1, 6.1 dan 7.1 — beberapa bulan setelah versi major rilis. Hadirnya ketiga versi baru iOS 8 tersebut mengindikasikan sebuah hal baru yakni berubahnya haluan Apple dalam proses pemberian nomor versi buat iOS. Atau mungkin lebih sederhananya Apple bakal menggunakan sistem penomoran yang sama seperti OS X terhadap iOS.

Adalah prediksi yang mencuatkan statement tersebut dan saya rasa prediksi itu cukup masuk akal. Tapi saya lebih percaya jika Apple ingin menambah masa waktu rilis iOS versi major alih-alih sistem penomoran seperti OS X.

Apple berkali-kali mengalami hal kurang menyenangkan tiap merilis versi iOS yang bersifat major, sebut saja, iOS 6 dengan masalah Apple Maps, iOS 7 yang baru nyaman digunakan pasca iOS 7.1, serta iOS 8 yang memiliki banyak bug dan Health app yang tidak berfungsi. Dengan memperpanjang waktu rilis iOS versi major, Apple akan mempunyai cukup waktu buat memuluskan versi iOS terbaru tersebut. Mereka juga memiliki waktu lebih untuk melengkapi sekaligus menyempurnakan fitur-fitur yang ada pada versi iOS berjalan.

Tapi apapun prediksi fanboy Apple seluruh dunia, satu hal yang pasti, Apple tengah menyiapkan sesuatu yang besar terhadap iOS 8 — mengingat iOS 8 nantinya juga akan mengakomodir iPad Pro atau iPad 13 inci yang ramai digembar-gemborkan, serta dukungan terhadap Apple Watch.

Kembali lagi ke kamu, apa yang kamu percayai? Apakah kamu suka jika sistem penomoran iOS nantinya akan sama dengan sistem penomoran Mac OS atau OS X? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar. Baca juga iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Hadir di China Tanggal 10 Oktober 2014.

Sumber: 9to5mac

Satu pemikiran pada “Apple Tidak Akan Merilis iOS 9 Tahun Depan?

  1. gue apple fangirl tapi somehow makin kesini excitement gue ke apple turun secara drastis sih. Semenjak peluncuran iPhone 5 yang cuma jadi semakin panjang (walaupun at the end gue tetep beli haha), kemudian penambahan retina display. Kayanya apple mulai kehabisan inovasinya. Dan setiap kali ada update major OS, selalu terkendala banyak masalah di awal. Sedih sih mengingat di tahun 2008 dulu gue selalu excited sama apple terus sekarang excitement gue semakin menipis. Semoga aja apple nggak akan bernasib kaya nokia… Kalau di lini mac sih sepertinya masih aman. Tapi kalau di sisi mobile… Hmmmm, agak ragu aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s